Wordpress di Hack, Apa Yang Anda Lakukan ?


Jumat, 15 April 2011

Setelah Wordpress di-hack pada 13 April yang lalu membuat para blogger harus waspada karena pasalnya selaku blogger dari Wordpress untuk mengantisipasi menganti password data-data yang ada, salah satu penulis Matt Mullenweg selaku pendiri Wordpress di blog resmi Wordpress memberikan masukan untuk mengamankan yang memiliki blog di Wordpress. Wordpress memiliki server automatic yang menyimpan sejumlah data dan layanan lainnya.


Menurut penulis Matt Mullenweg pembobolan berkatagori low level (root) break in artinya ada kemungkinan potensi diserver itu diakses oleh si hacker, memang ini bukan kabar yang menggembirakan untuk pengguna Wordpress karena server automattic juga menyimpan kode dan data partner lainnya serta menganggap kode yang ada sangat terbuka dan mudah disalin.

Untuk itu Matt Mullenweg hanya dapat menyarankan melakukan pengamanan walaupun tidak mempunyai saran khusus karena banyak kemungkinan si pembobol diserver tersebut, yang disarankan oleh Matt antara lain :
1. Gunakan kata sandi yang kuat seperti contoh #1dontwantt0behAcked bahkan lebih baik samar, semakin acak itu semakin baik, variasikan dengan angka dan tanda baca.
2. Gunakan password yang berbeda untuk lokasi yang berbeda, lakukan penguji kekuatan password anda. Dapat menggunakan 1Password , LastPass , dan KeePass.
3. Jika Anda telah menggunakan password yang sama di situs yang berbeda, maka sebaiknya lakukan perubahan.

Pihak Wordpress terus melakukan investigasi sejauh mana si pembobol mengeksplor hasil pembobolannya dan membutuhkan waktu untuk menyelesaikan dan menghentikannya, Akan tetapi hanya langkah-langkah komprensif itu untuk mencegah insiden seperti ini. Matt juga menyarankan jika miliki masalah atau pertanyaan segera temukan penyelesaiannya disini.[min/timBX]
Share on Google Plus

About abayamin exit

Abayamin exit adalah sebuah nickname penulis ExitBlog yang tergabung dalam Exitmedia.Inc, penulis juga berkreasi melalui bisagini.com dan helloadventuria.blogspot.com. Informasi lebih lanjut bisa hubungi melalui Contact Us.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih komentar anda yang membangun, kritis dan informatif. Mohon tidak lakukan spam maupun junk, untuk kemajuan kita bersama, budayakan komentar setiap kali anda melihat artikel di EXITWRITER