Ibuku Yang Terbaik

kakak & mama
Sebelumnya saya mengucapkan Selamat Hari Ibu yang dirayakan setiap tanggal 22 Desember 2011 khusus di Indonesia, pasalnya setiap negara itu berbeda-beda untuk memperingati hari Ibu ini. Seperti di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong, Hari Ibu atau Mother’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei sedangkan beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap tanggal 8 Maret (red; wikipedia).

Semua anak di Indonesia pasti menganggap semua Ibunya adalah sosok yang terbaik dan saya beruntung mempunyai seorang Ibu karena banyak juga teman-teman lainnya yang tidak memiliki Ibu sehingga mereka tidak dapat mengucapkan selamat hari Ibu pada hari ini, namun demikian doa yang selalu dipanjatkan untuk seorang ibu.

Ibu itu panggilan bahasa yang bisa dibilang terhormat dan mulia tapi di Indonesia berbagai bahasa menyebutnya, seperti saya menggunakan kata mama (dengan tekanan kata, tidak pakai H) apapun sebutannya mereka adalah tetap sebagai orang tua yang membesarkan anak dengan baik.

Cerita Ibu pastinya saya menceritakan mama saya sendiri yang memang sejak kecil merawat saya hingga kini, seperti keluarga saya di coba oleh Allah untuk terus semangat menyembuhkan alm. Bapak saya yang terserang penyakit stroke hingga stadium 4 level dalam penyakit. peran mama saat itu luar biasa stroke alm. Bapak 10 tahun mama menemani alm.Bapak untuk melakukan terapi dan minum obat dan ramuan tak lelah untuk melakukan aktivitas terapi hingga pada stroke pertama alm Bapak dapat berjalan dengan baik termasuk dengan stroke 2 dan 3.


Pada stroke ke 4 pun mama masih menemaninya hingga 2 minggu di rumah sakit selama bulan ramadhan, ketika alm. Bapak dinyatakan sehat diperbolehkan pulang, mama pun tetap menemani walaupun waktu itu Bapak keadaan tak bisa jalan duduk dikursi roda dan tak bisa berbicara asupan makan pun dari selang dan termasuk check up ke dokter sebagai rawat jalan.

mama & alm.Bapak
Perjuangan alm.Bapakpun berakhir dalam hidupnya pada lebaran pertama tanggal 11 September 2010 yang saat itupun mama masih menemani disampingnya dengan membaca doa dan al quran hingga ajal menjemput Bapak dengan tenang. Hingga yang saya ambil dari perjuangan mama saya adalah tegar dan tak mengenal lelah, selalu berdoa & solat tiap malam untuk kesembuhan alm.Bapak, harus memandikannya hingga harus mampu juga mengangkat sang suami ke kamar mandi disaat saya tak ada dirumah. 

Mama saya ibarat profesi menjadi kuli panggul beras yang mengharuskan mengangkat suami jika ke kamar mandi, ibarat tukang cukur yang dapat mencukur rambut, ibarat pegawai salon yang membersihkan kuku, dan kebersihan badan alm.Bapak, ibarat tukang sedot tinja WC yang harus dapat menceboki dan membersihkan, ibarat toko loundry yang mencuci pakaian alm.Bapak hingga bersih dan tak berbau, ibarat dokter & suster yang terus memperhatikan pola makan, minum dan obat untuk kesehatannya.

nenek
Dari situ saya belajar dari kekuatan seorang mama yang dapat berprofesi jadi apapun hingga kini, beliau juga saat ini masih membantu tetangga mengurutkan anak-anak kecil yang minta di urut dengan berbagai penyakit anak kecil seperti "kecetit". tanpa pamrih karena hanya niat karena membantu. Beliau menjadi bukan hanya sekedar seorang mama tapi bagi saya adalah seorang yang mulia di mata saya. Banyak pelajaran dan ilmu yang ditularkan kepada anak-anaknya untuk mengambil hikmah dari sebuah hidup.

Selamat Hari Ibu mama yang saya cintai dan kasihi, semoga selalu diberikan umur panjang, diberi kesehatan, kewarasan, keselamatan dan rezeki yang lancar barokah, kini tugas saya sebagai anak selalu merawatnya tapi mama saya pun masih punya tugas merawat Ibunya sendiri alias nenek saya yang masih hidup di usia 92.

Selamat Hari Ibu (22 Desember 2011)

(content writer : abayamin exit)

Share on Google Plus

About abayamin exit

Abayamin exit adalah sebuah nickname penulis ExitBlog yang tergabung dalam Exitmedia.Inc, penulis juga berkreasi melalui bisagini.com dan helloadventuria.blogspot.com. Informasi lebih lanjut bisa hubungi melalui Contact Us.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. happy mother's day too :) slm ya buat ibunya mz :) wanita hebat :)

    ReplyDelete

Terima kasih komentar anda yang membangun, kritis dan informatif. Mohon tidak lakukan spam maupun junk, untuk kemajuan kita bersama, budayakan komentar setiap kali anda melihat artikel di EXITWRITER