Cari Buah Tangan Yang Melegenda di Semarang



Perjalanan Exitrip kali ini menuju Semarang, perjalanan ke kota ini tidak terlalu sulit banyak alternatif perjalanan Friends ke kota yang terkenal dengan kawasan Simpang Lima di pusat kota. Inilah lah Semarang Kami ingin cari tahu buah tangan yang tepat untuk dibawa pulang ke Jakarta.

Jika mengulik wisata di kota Semarang sepertinya lebih banyak mengenai wisata sejarah, pasalnya banyak peninggalan dan petilasan yang jadi obyek wisata. Lihat saja seperti Lawang Sewu yang terkenal itu, yang kini jadi pusat sejarah bagi wisatawan lokal maupun asing.

Belum lagi Klenteng Sam Po Kong yaang menjadikan Semarang sebagai tempat persinggahan dan pendaratan oleh seorang Laksamana Tiongkok yakni Cheng Ho. Selain itu juga Semarang juga terkenal dengan beberapa kuliner yang wajib di buru, dari mulai sajian kaki lima hingga orang banyak yang mengantri membelinya sampai sajian istimewa khas restoran tersebut.
Namun tidak lengkap jika ke Semarang tidak membawa buah tangan yang pas untuk keluarga di rumah, banyak jenis dan kudapan yang harus di bawa ke Jakarta dan dicicipi oleh keluarga di rumah. Akan tetapi saya penasaran dengan Wingko Babad.

Seperti dikutip dari Wikipedia Wingko babat merupakan makanan tradisional khas Indonesia loh, merupakan kudapan yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Kami pun menyangka bawa Wingko Babad ini merupakan khas kue dari Semarang tapi ternyata tidak Wingko babad itu berasal dari daerah yang namanya Babat di daerah Lamongan, Jawa Timur. Namun kenapa jadi wisatawan menganggap wingko ini khas Semarang ya ?.

Dulu waktu perkeretaapian Semarang tidak sebagus dan setertib sekarang, banyak pedagang menjual kue ini di stasiun kereta api dan terminal bus. Kira-kira mana yang dipilih Wingko Babadnya yang kami pikir pun namanya Wingko sama saja, tapi ternyata tidak loh, informasi dari orang Semarang saya di rekomendasikan untuk cari Wingko Babad Cap Kereta Api yang asli banyak juga yang palsunya dengan nama yang sama.
 

Wingko Babad yang asli itu berada di kawasan kota Lama Semarang tidak jauh dari stasiun kereta api Tawang, tepatnya di jalan Cendrawasih 14 Semarang. Selain Wingko yang satu ini sudah memiliki nama besar dan rasa yang khas dan gurih.

Menurut kami Wingko Babad Cap Kereta Api itu sudah melengenda apalagi dengan rasa originalnya yang dipertahankan hingga sekarang, walaupun banyak inovasi dari kue ini dari mulai nama hingga rasa dan warna. Nah tunggu apalagi jangan lupa kalau Semarang beli Wingko Babad Cap Kereta Api ya.
Share on Google Plus

About abayamin exit

Abayamin exit adalah sebuah nickname penulis ExitBlog yang tergabung dalam Exitmedia.Inc, penulis juga berkreasi melalui bisagini.com dan helloadventuria.blogspot.com. Informasi lebih lanjut bisa hubungi melalui Contact Us.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. wah kebetulan lagi di semarang nih gan,lumayan buat oleh oleh pulang ke jakarta

    ReplyDelete
  2. waaah boleh nih buat referensi kalo jalan jalan kesemarang, thanks gan infonya

    ReplyDelete

Terima kasih komentar anda yang membangun, kritis dan informatif. Mohon tidak lakukan spam maupun junk, untuk kemajuan kita bersama, budayakan komentar setiap kali anda melihat artikel di EXITWRITER