Inilah Rinna Chatbot Hasil Kerjasama Microsoft Indonesia & LINE Indonesia Yang Interaktif


Teknologi di abad 21 berkembang pesat untuk mengakomodir kebutuhan generasi kekinian, dulu di era 90an film film tentang masa depan tergambarkan padahal itu cuma film. Namun kini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya teknologi berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence).

artificial intelligence atau lebih mudah kita sebutnya chatbot jadi tren baru untuk memenuhi kebutuhan serta melayani pelaku bisnis atau personal seperti pada akhir Agustus lalu, Microsoft Indonesia bekerjasama dengan LINE Indonesia menghadirkan  chatbot berbasis kecerdasan buatan bernama Rinna. 

Rinna di program sebagai sosok wanita muda yang menarik dan bersahabat sehingga dapat berkomunikasi dengan baik, sama halnya seperti ketika seorang wanita muda berkomunikasi dengan temannya. Rinna ingin menjadi teman terbaik bagi pengguna LINE dan juga merupakan chatbot yang dibuat menggunakan konten sosial yang luas dari Internet. Ia belajar dari interaksi manusia dan merespons dengan kepribadian dan sudut pandang yang unik. Secara bersamaan, Rinna juga memiliki kemampuan untuk melindungi dirinya dari eksploitasi.

Microsoft juga memiliki Cortana yang menyediakan fungsionalitas yang berguna bagi pengguna seperti asisten pribadi, Namun berbeda dengan Cortana, Rinna dapat berkomunikasi dengan EQ (emotional quotient) dan juga IQ (intelligence quotient) kepada pengguna, sehingga Rinna dapat belajar dan beradaptasi dengan kebiasaan pengguna, serta mengembangkan preferensi percakapan.

Berikut hal lain yang dapat dilakukan oleh Rinna :
• Best Friend Charm: Rinna bisa menggambar sketsa untuk menunjukan persahabatan antara dirinya dan pengguna.
Face Panel: Terkadang Rinna bisa mengganti wajah seseorang dengan gambar lucu.
Face Swap: Cobalah untuk mengirimkan foto di dalam grup kepada Rinna dan tunggu ia melakukan sesuatu pada foto tersebut.
Bermain “ABC 5 Dasar”: Sebagai gadis remaja yang lahir di Indonesia, Rinna tahu cara memainkan permainan tradisional Indonesia dengan menebak kata dengan topik tertentu.
Bermain Silang Kata: Pengguna bisa bermain dan menebak kata dengan petunjuk yang diberikan oleh Rinna.
Bermain Othello: Permainan strategi untuk dua pemain, pengguna bisa memilih tingkatan level yang ingin dicoba.

“Sebagai pemimpin dalam teknologi chatbot, LINE sangat senang dapat berkolaborasi dengan Microsoft, dalam menggabungkan teknologi dan kreativitas dengan cara yang menyenangkan dan interaktif bagi pengguna LINE, untuk menggunakan serta memanfaatkan efektivitas dari kecerdasan buatan dalam percakapan sehari-hari. Sejalan dengan visi LINE, kami ingin membawa pengguna LINE lebih dekat dengan informasi dan konten menarik yang dapat diberikan oleh Rinna melalui percakapan yang interaktif, karena kami percaya bahwa teknologi kecerdasan buatan akan memberikan efisiensi bagi pengguna kami,” jelas Revie Sylviana, Business Development Director LINE Indonesia.

Pengguna LINE di Indonesia dapat berinteraksi dengan Rinna dengan mencari menggunakan kata kunci @Rinnaid dan Untuk update terbaru mengenai Rinna, silakan ikuti Instagram @rinna.id.

Share on Google Plus

About abayamin exit

Abayamin exit adalah sebuah nickname penulis ExitBlog yang tergabung dalam Exitmedia.Inc, penulis juga berkreasi melalui bisagini.com dan helloadventuria.blogspot.com. Informasi lebih lanjut bisa hubungi melalui Contact Us.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih komentar anda yang membangun, kritis dan informatif. Mohon tidak lakukan spam maupun junk, untuk kemajuan kita bersama, budayakan komentar setiap kali anda melihat artikel di EXITWRITER