Wednesday

Olah Daging Menjadi Dendeng Lambok


Pilihan untuk bunda yang ingin mencoba menu masakan yang berbeda, dengan bahan utama yakni daging sapi bunda jangan hanya dibuat sup atau dibakar. Namun bunda bisa coba resep yang satu ini yakni Dendeng Lambok, inginn tahu cara memasaknya yuk ikuti resep yang satu ini.

Bahan :
1 kg daging sapi
2 lembar daun salam
1 siung ukuran sedang bawang bombay, potong-potong
1 bungkus kecil asam jawa, rendam di dalam air kurang lebih 200 ml (tergantung mau berkuah atau tidak)
1 buah tomat, potong-potong
Kaldu bubuk secukupnya
1,5 sendok teh kecap
Minyak goreng secukupnya
.
Bumbu ungkep : 
2-3 bungkus kecil asam jawa
2-3 lembar daun salam
Garam secukupnya
Air secukupnya

Bumbu halus :
250-300 gr cabe merah keriting
Garam secukupnya
10 siung bawang merah
3 siung bawang putih

Cara membuat:
Ungkep daging yg telah di potong dg bumbu ungkep hingga air menyusut, sisihkan. Geprek daging hingga benar pipih tapi tidak hancur, sisihkan. Ambil cabe merah kurang lebih 100 gr, lalu geprek hingga kulit cabe terpisah dari bijinya, pisahkan kulit cabe dan tambahkan sisa cabe utuh uleg bersama dengan biji cabe dan garam sampai sedikit halus namun sesuai selera, tambahkan dua bawang uleg sebentar dan sisihkan.

Panaskan minyak goreng secukupnya, tumis tomat bersama bawang bombay sebentar, tidak perlu sampai layu, lalu tambahkan bumbu halus, tambahkan daun salam, air asam jawa dan kecap manis.
Lalu tambahkan daging dendeng, boleh tambahkan air secukupnya, tambahkan kaldu bubuk, lalu biarkan semua bumbu meresap ke dalam daging dengan sesekali di aduk. Koreksi rasa, masak hingga bumbu halus matang dan sajikan.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: